Berita

Amalan Orang Tua Untuk Anaknya Yang Terlambat Bicara

Amalan Orang Tua Untuk Anaknya Yang Terlambat Bicara – Bagaimana harimu teman-teman? Selamat bersenang-senang 🙂 Pada postingan kali ini saya ingin berbagi pengalaman saya dan Aliyah belajar berbicara. Sebenarnya udah lama pengen share ini, tapi bolak-balik, karena kayaknya temen-temen udah banyak yang tau dan paham gimana stimulasi ngajarin anak ngomong 🙂 Tapi akhirnya kepikiran, entahlah, pengalamanku dan Aliyah bisa kasih sedikit informasi lagi buat teman-teman 🙂

Aliyah tergolong anak yang mengalami sedikit keterlambatan bicara. Saya tidak tahu pasti apakah Aliyah anak terbelakang atau bukan. Namun, saat Aliyah berusia 20 bulan, kami pergi ke Klinik Anakku di Surabaya untuk memeriksakan tumbuh kembangnya. Saat itu, selain merangsang kemampuan sensorik dan motoriknya, perhatiannya adalah merangsang kemampuan bicara Aliyah, karena Aliyah menunjukkan tanda-tanda tertinggal sedikit.

Amalan Orang Tua Untuk Anaknya Yang Terlambat Bicara

Amalan Orang Tua Untuk Anaknya Yang Terlambat Bicara

Hasil screening saat itu mengungkapkan bahwa Aliyah lambat berbicara, yang tergolong berbeda. Kurang lebih sama faktor yang menyebabkan keterlambatan bicara pada anak pada umumnya, seperti tidak diajak cerita, terpapar bahasa dwibahasa, pola makan Aliyah yang kurang terstruktur, dan tentunya cara menonton TV/gadget.

Waspadai Keterlambatan Bicara Pada Anak

Fungsi motorik mulut Aliyah juga belum optimal, otot sekitar rahang dan mulutnya belum cukup kuat untuk Aliyah berbicara.

Solusinya tentu saya harus mengajak Aliyah bercerita dengan kalimat sederhana, lebih sering berbahasa Indonesia dengannya, memperbaiki komposisi menunya hingga Aliyah tidak bisa menonton TV atau gadget.

Stimulasi lain yang bisa digunakan untuk melatih motorik mulut Aliyah adalah dengan lebih banyak berlatih menghisap dan meniup. Kami mencoba membuat beberapa permainan seru di rumah. Misalnya tiup lilin, tiup kertas kecil, tiup terompet dan tiup gelembung/gelembung sabun. Dilihat dari aksi memukulnya, Aliyah terlihat cukup tangguh. Gerakan bibir memucat, tidak bisa berbicara sama sekali :’D

Sebenarnya sulit dan mudah bagiku untuk mengajak Aliyah bercerita. Tidak jarang saya bingung harus mulai bercerita dari mana dengan Aliyah :’) Saya mulai mencoba dengan membacakan buku-buku ceritanya, kapan saja, siang atau malam. Anjuran psikolog Anakkuklinika untuk memulai pengenalan kata-kata sederhana dengan memotong suku kata juga diterapkan. Cara mengajaknya bermain di taman dan menghitung 1, 2, 3 sambil menghitung perosotan. Satu, dua, iniiii…… dia berhenti sejenak sampai Aliyah berkata “tidak”. Atau ketika Aliyah haus dan ingin minum, saya mendapatkannya ketika saya mengatakan Mii… dan Aliyah berhasil mengucapkan kata “num”.

Pdf) Karakteristik Keterlambatan Bicara Di Klinik Khusus Tumbuh Kembang Rumah Sakit Anak Dan Bunda Harapan Kita Tahun 2008

Saya secara acak menerjemahkan buku cerita Aliyah ke dalam bahasa Inggris menggunakan kata-kata bahasa Indonesia yang sederhana. Selain itu, tekstur makanan Aliyah mulai membaik dengan memakan daging yang digiling halus, pelan-pelan mencoba menggantinya dengan daging yang lebih tebal atau yang diiris tipis. Seiring waktu, tekstur makanan terus membaik hingga sekarang.

Saat Aliyah berusia 2 tahun lebih sebulan, kami kembali ke Klinik Anakku di Surabaya untuk terus mempelajari tumbuh kembang Aliyah. Beberapa aspek sensorik dan motoriknya sudah cukup berkembang saat itu. Namun, kemampuan berbicara mereka masih perlu distimulasi. Kali ini, psikolog di klinik anak memberi Aliyah peluit spiral berwarna merah muda berbentuk hati, yang disukai Aliyah. Semoga dengan menyeruput minuman dengan sedotan pelintir, otot-otot di sekitar rahang dan mulut Aliyah akan menguat 🙂

Sedotan twist ini digunakan setiap kali Aliyah minum untuk melatih daya hisapnya. Saya juga mencoba minum dengan sedotan ini, dan butuh banyak usaha untuk menyesap minuman dengan sedotan ini. Mungkin karena peluitnya cukup menarik, Aliyah sepertinya senang menggunakannya, lol.

Amalan Orang Tua Untuk Anaknya Yang Terlambat Bicara

Selain latihan isap dengan sedotan berulir, masih ada stimulasi lain untuk melatih kemampuan motorik mulut dan bicara Aliyah seperti yang saya sebutkan di atas.

Sudah Umur 3 Tahun Tapi Balita Belum Lancar Bicara, Apa Masalahnya?

Sudah dua tahun sejak Aliyah terakhir diputar di klinik Anakku. Mei lalu, kami kembali ke klinik anak saya untuk meninjau pertumbuhan dan perkembangan Aliyah. Alhamdulillah, herannya, menurut dokter yang memeriksa Aliyah saat itu, artikulasi bicara Aliyah cukup jelas untuk usianya. Terlepas dari itu, tugas tetap menggunakan peluit spiral tetap memperjelas huruf R dan L saat Aliyah berbicara. Dalam hal ini, saya juga tidak tahu apakah Aliyah memiliki tanda-tanda tongue tie atau tidak, karena kemampuannya melafalkan dua huruf tidak sempurna (apakah pertanyaan tentang tongue tie dipilih atau tidak, saya tidak memeriksanya karena saya sudah membaca artikel dulu bahwa tongue tie bisa sembuh dengan sendirinya seiring bertambahnya usia anak, tapi ada beberapa yang membutuhkan langkah lebih lanjut. Saya masih di level persepsi dulu, lol). Tapi secara keseluruhan, hasil kali ini cukup bagus. Sudah!

Mungkin ada teman ibu yang ingin mulai berbicara dengan anaknya, jangan berharap mereka seperti saya ya. Anaknya udah dikasih tau telat ngomong, jadi heboh :’)

Berikut beberapa tips stimulasi bicara anak berdasarkan pengalaman saya dan Aliyah, yang mungkin juga kurang lebih sama dengan pengalaman teman-teman mom lainnya.

1. Ajak anak untuk sering bercerita. Kalau orang tua biasanya pendiam, bisa dimulai dengan membacakan buku cerita 🙂 Seringkali, mengajak anak bertemu dengan orang yang bukan orang rumah juga sangat membantu, apalagi jika anak hanya bersama ayah dan ibu di rumah setiap hari 🙂

Orang Tua Perlu Tahu 5 Cara Atasi Keterlambatan Bicara Pada Anak

2. Kurangi penggunaan bahasa bilingual di rumah. Beberapa anak mungkin memiliki lebih banyak keterampilan bahasa. Namun, beberapa anak lain mungkin terbatas sehingga menyebabkan kebingungan bahasa pada anak. Ngomong-ngomong, Aliyah sepertinya tipikal yang agak bingung dengan dua bahasa.

3. Batasi tontonan TV/perangkat untuk anak-anak. Bahkan jika anak-anak menontonnya, setidaknya anak-anak menonton dalam bahasa dengan film yang tidak terlalu cepat. Baby TV Indonesia salah satu yang bisa direkomendasikan 🙂

Oh ya, sejauh mendapatkan peluit berulir, saya tahu dari penelusuran saya bahwa banyak toko yang tidak menjual peluit. Satu-satunya yang saya dapatkan adalah @articmediaterapi, toko online yang menjual berbagai macam alat terapi.

Amalan Orang Tua Untuk Anaknya Yang Terlambat Bicara

Ngomong-ngomong, bagaimana dengan teman-teman ibu? Ada yang punya pengalaman atau cerita tentang stimulasi bicara untuk anak juga? Mari berbagi bersama di sini 🙂

Rsu Haji Surabaya

Penafian: Setiap obrolan larut malam dengan anak-anak bisa berbeda. Sahabat bunda bisa menghubungi pakar seperti psikolog/dokter tumbuh kembang anak untuk mengetahui penyebab pastinya dan mendapatkan penanganan lebih lanjut :), Jakarta Sudah bisa jalan tapi kok belum bisa bicara? Salah satu kekhawatiran yang sering menimpa orang tua adalah terkait dengan proses tumbuh kembang anaknya. Rafie (2) mengalami hal tersebut. Anak Ketiga Pengusaha IT Ini Mengalami Speech Delay, Apa Penyebabnya?

Orang tua Rafie pun berkonsultasi ke dokter. Mereka juga sepakat untuk berbicara dengan ahli FengShui dan ahli akupunktur Wong. Dari hasil analisis wawancara diketahui apa penyebab anak terlambat berbicara.

“Sejak kecil, Rafie biasa menonton TV dalam bahasa Inggris. Akibatnya, ketika orang tuanya memintanya untuk berbicara bahasa Indonesia, dia tidak menanggapi, sehingga dia pergi ke dokter dan terapis wicara dengan terapis. Saya bertanya Rafie untuk berbicara bahasa Inggris dan dia menjawab, interaksinya cukup bagus, ”kata Ferry Wong, saat dihubungi Health melalui aplikasi layanan pesan singkat, Kamis (30/11/2017).

Terakhir, saya menyarankan agar orang tuanya belajar bahasa Inggris agar bisa berkomunikasi dengan Rafie. Anjuran lainnya tentu saja akupresur dan basis pijat akar lidah di bagian depan dan belakang leher. Saya juga menganjurkan agar Rafie sering-sering mengunyah es batu dan membuat es mambo dengan teh manis untuk melatih otot lidah dan mulutnya,” jelas Master Wong.

Cerita Sahabat) Segera Tangani Sedini Mungkin, Kalau Anak Alami Terlambat Bicara

* Fakta atau penipuan? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang disebar, cek WhatsApp di 0811 9787 670 dengan memasukkan kata kunci yang diinginkan.

Salah satu penyebab anak lambat bicara adalah karena terlalu dini diberikan gawai. Tujuannya baik agar anak kecil bisa tenang dan tidak menangis. Efeknya kemudian si anak masih belum bisa berbicara dengan lancar, meski usianya sudah dua atau tiga tahun.

Jika anak Anda belum mengucapkan sepatah kata pun pada usia 2-3 tahun, itu berarti ia mengalami keterlambatan bicara. Banyak dokter menyebutnya sebagai “sindrom anak kota” karena terutama dialami oleh anak kota. Kondisi ini disebabkan oleh pola asuh yang salah. Selain itu, faktor yang juga dinilai besar pengaruhnya adalah inisiasi anak terhadap gadget dan cara menonton televisi yang salah.

Amalan Orang Tua Untuk Anaknya Yang Terlambat Bicara

Menurut dr Eva Devita, SpA, dokter tumbuh kembang anak RS Anak Bunda Harapan Kita, keterlambatan bicara biasanya terjadi saat anak berusia antara 2 hingga 3 tahun. Saat berbicara, ciri-ciri anak terlambat antara lain tidak mengucapkan sepatah kata pun, misalnya Ah, eh, ah, eh. Atau ada anak yang sudah bisa berbicara tapi belum bisa menyusun kata dengan benar. Lebih buruk lagi adalah ketika seseorang tidak dapat berbicara dan tidak menanggapi ketika diminta untuk berkomunikasi.

Pola Asuh Anak

Pengurus Ikatan Terapis Wicara Indonesia (IKATWI) Rifa Yustiani menambahkan, di kota besar seperti Jakarta, anak-anak kerap mengalami keterlambatan bicara karena beberapa gerakan motorik dan sensorik tidak berfungsi dengan baik. Refleks dan reaksi anak juga tidak terstimulasi, sehingga anak tidak bisa berbicara. Saat berbicara, kosakata yang ia ketahui masih minim.

Tren kasus keterlambatan bicara diyakini meningkat di Jakarta, meski belum ada statistik umum untuk rumah sakit. Data dari klinik neurologi anak RS Cipto Mangunkusumo pada Januari-Juli 2006-Juli 2008 menunjukkan prevalensi anak tidak mampu berbicara dan berjalan sebanyak 71 kasus (47,1 persen) dari total 151 anak.

Menurut dr Luh Karunia Wahyun, Kepala Bagian Anak Bagian Rehabilitasi Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, penyebab keterlambatan bicara anak adalah karena proses isolasi, yang sedikit banyak berkaitan dengan lingkungan atau penyebab lain yang tidak diketahui.

Kondisi ini bisa berdampingan dengan ketulian lain dan gangguan perkembangan lainnya seperti keterbelakangan mental dan autisme. Wahyuni ​​mengatakan minimnya kontak sosial membuatnya tidak punya teman untuk bermain dengan anak seusianya. Bisa juga karena gamenya tidak sesuai usia. Misalnya anak usia 2-3 tahun selalu bermain sambil duduk dan tidak ada kesempatan bermain di luar rumah. Selain itu, mungkin itu sebabnya

Jual Buku Anakku Terlambat Bicara Karya Julia Maria Van Tiel

Pengorbanan orang tua untuk anaknya, susu kalsium yang bagus untuk orang tua, nasihat orang tua untuk anaknya, doa orang tua untuk anaknya, surat orang tua untuk anaknya, amalan ibu untuk anaknya, paramorina untuk terlambat bicara, nasehat orang tua untuk anaknya, pesan orang tua untuk anaknya, kasur yang bagus untuk orang tua, lagu orang tua untuk anaknya, amalan untuk orang tua

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button