Berita

Pemupukan Padi Sawah Yang Baik Dan Benar

Pemupukan Padi Sawah Yang Baik Dan Benar – Melihat kenyataan di lapangan, pemupukan tanaman padi oleh petani lain sangat bervariasi baik waktu maupun dosisnya. Dan sebagian besar rekan petani kita masih sangat fanatik menggunakan pupuk karbamid saja. Unsur hara yang terkandung dalam urea hanya nitrogen saja, padahal tanaman padi membutuhkan unsur hara yang bermacam-macam, baik unsur hara makro seperti nitrogen (N), fosfor (P), kalium (K)

Serta elemen jejak seperti kalsium (Ca), magnesium (Mg), belerang/belerang (S), besi (Fe), mangan (Mn), tembaga (Cu), seng (Zn), dll.

Pemupukan Padi Sawah Yang Baik Dan Benar

Pemupukan Padi Sawah Yang Baik Dan Benar

Secara alami, , . Ada petani lain yang sudah tahu betapa pentingnya memberikan pasokan pupuk berimbang yang mengandung unsur hara tersebut, namun jumlahnya sangat sedikit dibandingkan jumlah total petani kita.

Usia Tanaman Padi

Pupuk bagi tanaman adalah makanan, jika cukup makanan untuk nutrisi, maka pertumbuhan dan perkembangan tanaman akan optimal, jika kita sebagai petani secara sadar memberikan “nutrisi” untuk tanaman kita, maka sebaliknya, perkembangannya akan ” tidak maksimal”, hasil yang kami dapatkan tidak maksimal.

Untuk tumbuh dan berkembang, tanaman membutuhkan makanan, termasuk tanaman padi. Dengan nutrisi yang cukup (pupuk organik – kompos dan ROS serta pupuk anorganik) perkembangan fase vegetatif dan generatif akan berkembang dengan baik.

Saat kami memberi tanaman “makanan” terbaik. Kemudian tanaman memberi kita hasil terbaik. Jadi, ada hubungan antara pertanian yang baik dan hasil yang baik.

Pemupukan nitrogen biasanya 20% dari pupuk utama, 40% untuk pasca pemupukan pertama, dan 40% untuk pasca pemupukan kedua.

Cara Pemupukan Padi Hibrida Mapan 05 Yang Tepat Dan Benar

Pupuk N dasar yang diberikan hanya 20% karena kecambah padi umur 7-10 hari masih kecil, berakar sedikit dan pupuk N tidak banyak dibutuhkan. aplikasi berlangsung sebagai pupuk utama, % dan pupuk berikutnya 50% sisanya.

Jika petani lain menggunakan pupuk organik (seperti bokashi, kompos jerami) dan ingin menggunakan tahi lalat, penggunaan pupuk anorganik dapat dikurangi. Stok pupuk organik sekitar 1-2 t/ha Pupuk organik juga berguna untuk membantu tanaman menyerap pupuk kimia.

Padahal, pemerintah sudah merekomendasikan berapa dosis pupuk yang harus diberikan pada tanaman padi, dan petani lain bisa menanyakan kepada pemerintah daerah berapa dosis pupuk yang ada di wilayahnya masing-masing.

Pemupukan Padi Sawah Yang Baik Dan Benar

Secara umum rekomendasi pemupukan tanaman padi per hektar adalah sebagai berikut: urea 200-250 kg, SP36 100-150 kg dan KCl 75-100 kg. Bila menggunakan NPK, dosisnya adalah 100-150 kg urea dan 300 kg NPK. Untuk mendapatkan dosis pemupukan yang tepat, perlu dilakukan analisis tanah di lapangan.

Cara Memupuk Padi Dengan Pupuk Kandang

Jika menggunakan pupuk Phonska dan urea : 300 kg pupuk Phonska NPK dan 100-150 kg pupuk urea (kandungan hara 113 kg N, 45 kg P2O5 dan 45 K2O).

Pupuk dasar ini paling baik digunakan pada saat tanaman berumur 7-10 tahun HST, yaitu saat akar padi sudah mulai berkembang dan siap menyerap pupuk ini walaupun jumlahnya sedikit. Selain itu, benih yang baru ditanam beradaptasi dengan lingkungan dalam beberapa hari (karena stress). Inilah sebabnya mengapa beberapa daun menjadi kuning dan kering. Baru setelah itu proses rooting dimulai. Jadi dosis nitrogen pada pemupukan pertama adalah 1/2 dari pemupukan ke-2 dan ke-3.

Untuk NPK Ponska, pupuk ini memiliki nilai lebih tinggi karena mengandung sulfur sekitar 10%. Salah satu fungsi belerang ini adalah untuk merangsang pertumbuhan tanaman muda.

Untuk memaksimalkan efek pemupukan, disarankan untuk memadatkan tanah setelah pemupukan. Jika hal ini dilakukan, maka pupuk akan bertahan lebih lama di lahan, jumlah maksimum pupuk diserap oleh akar tanaman, tanaman menjadi lebih subur, gulma dapat dikendalikan, hasil panen dapat meningkat, dll.

Manfaat Pupuk Silika Dalam Menaikan Panen Tanaman Padi

Diberikan pada minggu ke-3 atau 21 jam, seperti pupuk utama, setelah pupuk dicap agar dapat diserap tanaman secara optimal.

Berikan pada 30-40 jam, saat tanaman padi membentuk malai. Pada titik ini, daun tumbuhan perlu berwarna hijau untuk menghasilkan makanan, belum lagi daun bendera. Daun bendera yang masih agak hijau menandakan kandungan malai semakin baik semakin melengkung ke bawah. Dan bila daun bendera malai berwarna kuning, bulir yang dihasilkan kurang banyak.

Jangan lupa bahwa pada tahap ini kita melakukan injak-injak, karena waktu pengisian bulir akan lebih lama, sekitar 4-5 hari. Alhasil, malai yang kita hasilkan akan berbiji banyak.

Pemupukan Padi Sawah Yang Baik Dan Benar

Selain menggunakan pupuk kimia, sebaiknya petani juga menggunakan/menyemprotkan pupuk hayati/POC/MOL. Minimal 3 kali semprot. Waktu pukul 15.00, 30.00 dan 19.00.

Kp Singamerta Bptp Banten Produksi Benih Unggul Padi

Jika petani ingin menerapkan dosis yang berbeda, bisa juga: pupuk ke-1 (75 kg urea + 50 kg TSP + 40 KCL), pupuk ke-2 (100 kg urea + 50 kg TSP + 35 KCL) dan pupuk ke-3 (75 kg pupuk). urea).

Jika pupuk TSP tidak tersedia dapat diganti dengan 128 SP36/TS. Jika kondisi daun masih terlihat hijau, pemupukan ke 3 (bisa dikurangi menjadi 50-75 kg urea)

Demikian dosis dan cara pemupukan padi pada umumnya. Semoga artikel ini dapat membantu para petani Indonesia untuk mendapatkan informasi dan pengetahuan, dan tentunya semoga artikel ini dapat membantu meningkatkan produksi bagi para petani semuanya. Untuk mencapai target swasembada pangan tahun 2016, pemerintah mengalokasikan anggaran sebesar 20 triliun rupiah. (/Battle M Surya)

, Jakarta. Menjelang musim tanam Oktober-Maret, PT Petrokimia Gresik, anak usaha PT Pupuk Indonesia, mengimbau petani untuk mengikuti takaran pupuk berimbang atau anjuran 5:3:2.

Agritani: Aplikasi Dan Dosis Pupuk Tanaman Padi

Sekretaris Petrokimia Gresik Yusuf Wibisono mengatakan, dibutuhkan sedikitnya 500 kg pupuk organik Petroganik, 300 kg pupuk NPK Phonska, dan 200 kg pupuk urea per hektare (ha) sawah. Pemupukan berimbang ini juga merupakan solusi dari masalah penggunaan pupuk yang berlebihan oleh petani. Sehingga pendistribusian pupuk bersubsidi terbatas dapat menjadi lebih efisien dan efektif.

“Kami merekomendasikan pemupukan berimbang, karena terbukti meningkatkan hasil panen satu sampai dua ton per hektar. Penggunaan pupuk organik juga ditujukan untuk menjaga kesuburan tanah dan efisiensi penggunaan pupuk anorganik untuk mewujudkan pertanian berkelanjutan,” kata Yusuf dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis (26/9/2019).

Selain itu, Petrokimia Gresik memiliki mesin analisis tanah yang dapat digunakan untuk menguji kesuburan tanah. Petani dapat membawa sampel tanahnya, dan petugas akan meneliti, menganalisis, dan memberikan rekomendasi yang lebih spesifik tentang pupuk yang tepat untuk lokasi dan komoditas.

Pemupukan Padi Sawah Yang Baik Dan Benar

“Mesin ini sudah beroperasi sejak 2015 dan bergerak di bidang aktivitasnya. Saat ini terdapat 4 divisi dengan wilayah meliputi Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, NTB dan NTT. Ke depan, kami akan menambah jumlah kendaraan ground test dan memperluas cakupannya,” jelasnya.

Keunggulan Pertanian Padi Menggunakan Sistem Singgang

* Fakta atau lelucon? Untuk mengetahui keakuratan informasi yang disebarluaskan, hubungi nomor fact check 0811 9787 670 melalui WhatsApp dengan cukup memasukkan kata kunci yang diinginkan.

Meski demikian, Vijaya Laksana, Head of Corporate Communications Pupuk Indonesia, berharap produsen pupuk, vendor dan seluruh lapak resmi meningkatkan sinergi untuk kepentingan petani dan kelancaran distribusi pupuk bersubsidi ke seluruh pelosok tanah air.

Wijaya mengenang, pihaknya tak segan-segan menindak tegas pedagang dan distributor pupuk bersubsidi yang kedapatan melakukan kecurangan. Pupuk bersubsidi merupakan amanah hukum yang harus disalurkan dengan baik.

“Kami tidak segan-segan menindak tegas distributor dan penyalur pupuk bersubsidi yang tidak mendistribusikan secara adil. Kami juga mengingatkan bahwa setiap tindakan penyelewengan pupuk bersubsidi akan dikenakan sanksi pidana hingga 5 tahun penjara,” kata Vijaya Laksana.

Cara Jitu Memilih Benih Padi Unggulan

Pupuk Indonesia bersama sejumlah pihak terkait seperti Kementerian Pertanian, pemerintah daerah dan kejaksaan terus melakukan penertiban distribusi pupuk bersubsidi untuk memastikan kepatuhan. Pemupukan adalah penambahan satu atau lebih unsur hara tanaman yang ada atau tersedia ke dalam tanah/tanaman untuk dan/atau mempertahankan kesuburan areal yang ada yang dimaksudkan untuk mencapai hasil/produksi yang tinggi. Pemupukan sangat penting untuk pertumbuhan tanaman. Setiap negara membutuhkan pupuk yang berbeda, sehingga perlu dilakukan pengujian dan perhitungan kebutuhan pupuk. Pengujian permintaan pupuk dapat dihitung dengan beberapa cara, yaitu:

Diharapkan dengan menerapkan 5 prinsip tepat (jenis, dosis, waktu, cara dan tujuan) saat pemupukan tanaman, petani dapat menjaga kesuburan tanah sehingga dapat meningkatkan produksi, yaitu:

Varietas yang tepat yaitu pada pemberian pakan harus tepat, pupuk yang dibutuhkan tanaman seperti apa. Unsurnya adalah urea jika tanaman kekurangan unsur N, SP 36 jika tanaman kekurangan unsur P. Jika pupuk yang digunakan tidak tepat maka tanaman yang kita pupuk tidak akan berakar.

Pemupukan Padi Sawah Yang Baik Dan Benar

Dosis yang tepat yaitu pada saat pemupukan, dosis yang diberikan harus tepat atau sesuai dengan kebutuhan tanaman. Dosis yang benar disini maksudnya adalah dosis yang kita berikan pada tanaman tidak terlalu tinggi dan tidak terlalu rendah, jika pupuk yang diberikan sedikit maka tanaman akan tetap kekurangan unsur yang dibutuhkannya, terlalu banyak tentunya tanaman akan overdosis dan bisa jadi menjadi beracun.

Panduan Budidaya Padi Organik Yang Baik Dan Benar

Tepat waktu, mis. jika pemupukan sudah baik dan benar maka harus disesuaikan kapan tanaman membutuhkan unsur hara lebih banyak atau pada waktu yang tepat. Sehingga tanaman dapat tumbuh dan berkembang secara optimal.

Artinya formula/bentuk pupuk tersebut sesuai dengan kondisi tanah dan kebutuhan tanaman. Bila dalam bentuk butiran, butuh waktu singkat untuk membuahi. Jika perlu disemprotkan sebagai bubuk atau cairan, diperlukan pekerjaan tambahan. Bentuk cair/bubuk yang dapat disemprotkan juga cocok untuk lahan yang sering tergenang air di mana tidak mungkin menggunakan pupuk granular, karena pupuk mudah dicuci dan dicuci keluar dari lahan.

Jalan yang benar, yaitu dalam menyuburkan jalan, kita harus benar. Cara pemupukan yang salah akan mengakibatkan pupuk terbuang sia-sia atau hanyut dengan air dan terdenitrifikasi sehingga tidak dapat langsung diambil atau diambil oleh tanaman. Untuk pemupukan jenis ini

Cara menanam padi sawah yang baik dan benar, pemupukan sawit yang benar, cara pemupukan pisang yang baik dan benar, cara pemupukan padi sawah yang benar, cara pemupukan padi sawah yang baik, cara pemupukan cengkeh yang baik dan benar, cara bercocok tanam padi yang baik dan benar, cara pemupukan padi sawah tadah hujan, cara pemupukan padi sawah yang baik dan benar, cara pemupukan padi yang baik dan benar, cara memupuk tanaman padi yang baik dan benar, cara pemupukan tanaman padi yang baik dan benar

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button